Selasa, 26 September 2017

see

5 Macam Jenis Seni yang Wajib Kamu Ketahui

Macam – Macam Seni – Seni merupakan bagian dari hidup manusia, Sebagian besar dari kita pasti pernah mendengar tentang seni, bahkan mungkin kamu merupakan salah satu pelaku seni itu sendiri. Namun sebenarnya apa sih seni itu? Gampangnya, seni itu adalah ekspresi yang memiliki unsur keindahan atau unsur estetik yang dituangkan menjadi suatu bentuk karya yang dapat dinikmati oleh kelima panca indera. Lebih jelasnya, kamu bisa membaca ulasan berikut ini:
Seni pada awalnya berasal dari bahasa sansekerta, dari kata sani yang berarti ‘pemujaan, persembahan dan pelayanan’. Kata-kata tersebut memiliki kaitan yang cukup erat dengan upacara keagamaan yang biasa disebut dengan ‘kesenian’.
Padmapusphita berpendapat kalau seni itu asalnya dari bahasa Belanda, yaitu dari kata ‘genie’ yang dalam bahasa latin artinya ‘genius’, bisa dibilang seni adalah kemampuan yang didapat sejak lahir. Namun di Eropa, seni disebut dengan ‘art’ yang dapat diartikan sebagai artivisual dari suatu objek atau benda yang melakukan kegiatan tertentu.
Seni sendiri terbagi menjadi 6 bagian:

1. Seni Rupa

via: pexels.com

Seni rupa merupakan salah satu bagian dari cabang kesenian. Seni rupa memiliki wujud pasti dan tetap yakni dengan menggunakan elemen rupa sebagai salah satu wujud yang dikelompokkan ke dalam bentuk multimedia, gambar, lukis, patung, kerajinan tangan, kriya dan grafis.
Kompetensi dasar yang harus dimiliki dalam bidang seni rupa meliputi kemampuan memahami dan berkarya lukis, kemampuan memahami dan membuat atau memahat patung, kemampuan memahami dan membuat karya grafis ,kemampuan memahami dan membuat kerajinan tangan/hand crafting, serta keahlian memahami dan berkarya atau membuat sarana multimedia. Terminologi ini ditetapkan sebagai dasar kecakapan seseorang yang mampu menguasai bidang kerupawanan.
Seni rupa sudah mengakar mulai zaman animisme dan dinamisme sampai jaman melenium. Seni Rupa merupakan salah satu bagian dari cabang seni yang secara performatif dapat mempresentasikan wujud yang tampak mata. Ilusi tentang wujud dapat diserap dan dirasakan ke dalam berbagai klasifikasi bentuk seperti telah disebut sebelumnya.
Representasi berbagai bentuk seni rupa sudah dipertimbangkan secara sinergis melalui berbagai perhelatan media yang digunakan sebagai dasar dari perwujudan rupa. Secara kontekstual seni rupa adalah wujud mediasi bentuk tampak mata yang dekat ke arah bentuk gambar, lukis, patung, kerajinan tangan kriya dan multimedia yang berhubungan dengan unsur cabang kesenian.

2. Seni Musik

via: pixabay.com

Unsur suara merupakan elemen utama dari seni musik. Unsur lain dapat berbentuk harmoni, melodi dan notasi musik yang merupakan wujud sarana yang diajarkan di sekolah. Media yang digunakan dalam seni musik adalah vokal dan instrumen. Karakter musik instrumen bisa berbentuk alat musik yang berasal dari Barat dan alat musik Nusantara/tradisional. Jenis alat musik tradisional antara lain adalah seruling, gambang kromong, gamelan, angklung, rebana, kecapi, kolintang dan arumba. Jenis alat musik dari Barat antara adalah piano, gitar, flute, drum, musik elektronik, sintetiserr, seksopon, dan terompet.
Kompetensi atau kemampuan dasar yang harus dicapai dalam mempelajari seni musik meliputi kemampuan dalam memahami dan berkarya musik, pemahaman ilmu pengetahuan musik mencakup harmoni, melodi dan notasi musik serta kecerdasan musikal yang dapat membuat seseorang beradaptasi dengan berbagai perangkat musik secara cepat.
Tidak hanya itu, kamu juga butuh kemampuan untuk memahami dan membuat notasi, kemampuan untuk mengaransemen, serta untuk praktik dasar maupun mahir dalam banyak atau beberapa alat musik atau instrumen secara terampil, serta kemampuan memahami dan membuat karya berbasis multimedia.
Seni musik biasanya lebih mempromosikan unsur bunyi sebagai medium dasar musik dan lebih memiliki proporsi pada bunyi secara teratur, bunyi yang memiliki irama dan paduan bunyi yang menjurus pada eksperimental bunyi secara harafiah tanpa ritme atau insturmental, melodi maupun harmoni. Seni musik biasanya banyak berkembang pada komunitas masyarakat yang memiliki aliran seperti: klasik, ekspresionis, eksperimentalis, dan fluonsis dengan memahami perkembangan musik melalui bunyi-bunyian yang tidak berirama dan bernada. Seni musik tumbuh-kembang dari zaman Renaissance hingga abad milenium. Secara progresif aliran musik yang sedang berkembang pada saat ini adalah musik yang mempunyai tonasi, interval, dan harmoni secara varian.
Dibanding seni lainnya, Seni musik lebih transparan dalam bentuk hasil karyanya. Suara/bunyi yang digunakan sebagai media ungkap menjadi salah satu alat komunikasi dalam menerjemahkan makna bunyi ke dalam penerjemahan kuantum buah pikiran dari aranjer(penata musik) ke penonton. Oleh karena itu, dibutuhkan pemaknaan secara mendalam untuk mengerti artikulasi penataan musik terhadap cara penyampaian makna musik itu sendiri untuk dapat dimengerti oleh penonton. Dengan demikian makna penataan musik menjadi semakin mudah dipahami, dimengerti dan menjadi media komunikasi antara penata musik dengan para penghayat musiknya.

3. Seni Teater

via: www.stageandcinema.com/

Kompetensi dasar dalam bidang seni teater mencakup kemampuan dalam memahami dan membuat karya teater, kemampuan memahami dan membuat karya naskah, kemampuan memahami bermain peran di bidang casting, kemampuan memahami dalam membuat setting atau tata teknik pentas panggung dan menciptakan suasana sebagai perangkat tambahan yang diperlukan dalam membidangi seni teater.
Pada sisi lain, kemampuan untuk memahami seni peran di luar dirinya membutuhkan keahlian khusus yang harus dikuasai secara teoiritis maupun teknis dalam berkarya teater. Kemampuan memahami dan membuat sarana dan prasarana untuk perlengkapan berbasis multimedia adalah pendekatan aktual yang wajib dikuasai seorang pemain drama dalam kaitannya dengan penyajian teater yang berbasis teknologi. Seni teater juga sebagai bagian dari integral kesenian untuk memiliki media ungkap suara dalam wujud seni peran. Cara atau teknik ini lebih mengutamakan terciptanya casting, pembawaan, diksi, intonasi, pengaturan laring dan faring secara konsisten adalah bagian yang sangat penting dari profesionalitas profesi yang harus dimiliki.

4. Seni Tari

via: www.laughspark.info

Tari adalah gerakan halus yang memiliki unsur estetis. Gerak dalam tari memiliki makna tertentu dari koregorafer. Keindahan seni tari terletak pada kepuasaan dan kebahagiaan dari para penonton maupun para penari.
Keahlian yang dibutuhkan dalam menari meliputi keahlian dalam menari tradisional ataupun tari garapan/modern. Kemampuan untuk memahami serta menguasai tujuan dari tari itu sendiri yang diarahkan oleh koreografer. Kemampuan untuk memahami an berkarya tari (koreografi) adalah keterampilan khusus yang memiliki hubungan dengan kepekaan koreografi, di sisi lain diharapkan para penari memiliki kepekaan memahami secara menyeluruh aspek-aspek dalam tari dan aspek keindahan secara teknis. Sebagai penyesuaian dari abad modern, kemampuan untuk memahami dan membuat perangkat multimedia erat hubungannya dengan tari adalah bentuk penyesuaian sumber daya manusia yang beradaptasinya dengan teknologi.
Perwujudan dari ekspresi budaya yang ditunjukan melalui gerak yang dijiwai serta diikat dengan nilai-nilai budaya dapat menjadi patokan dasar atau standar ukur tari yang dapat dikaji menjadi bentuk dari tari-tarian daerah di Indonesia. Sebagai salah satu unsur terpenting dalam kesenian di Indonesia dalam bentuk gerak tari, diperlukan adanya kehidupan sosial dan spiritual masyarakat pendukungnya. Peran dan fungsi tarian yang sangat penting sampai saat ini pada puncak kesenian daerah menjadi simbol dari puncak tari sebagai budaya di sebuah daerah yang bersangkutan. Jenis tari yang telah berhasi; menjadi puncak budaya daerah sangat erat untuk dijadikan sebagai tarian yang dapat diunggulkan dari daerah dimana tarian tersebut berasal.
Macam ragam tari-tarian yang diwarisi oleh masyarakat daerah di Indonesia baik yang sakral maupun yang berpandangan sekuler, tradisional maupun modern. Bentuk tarian dari zaman prasejarah sampai dengan zaman modern, produk dari zaman tertentu membantu sejarah tarian untuk dapat bertumbuh-kembang sampai akhir zaman.
Seni tari memerlukan suatu media gerak. Gerak murni atau gerak biasa tidak memiliki maksud-maksud tertentu. Gerak maknawi memiliki makna yang mendalam untuk menyampaikan maksud-maksud tertentu yang dapat dibangun dengan unsur keindahan, maka gerakan tari semakin halus, estetis, dan geraknya dapat memiliki bangunan ekspresi bentuk yang dapat dinikmati oleh manusia. Seni tari di tanah air banyak dipengaruhi oleh kepercayaan dinamisme dan animisme. Oleh karena itu, dari zaman dahulu tarian sudah memiliki peran fungsi yang penting dalam kehidupan beragama. Peran tari dalam berbagai upacara terkait dengan cara maupun tujuan yang terkait dalam prosesi suatu upacara keagamanaan atau ritual.
Seni tari dapat mewariskan bentuk-bentuk tradisi maupun nontradisi. Sifat—fungsi magis-ritual yang dipengaruhi oleh kepercayaan animisme dinamisme sejak zaman dulu, dapat menjadi kekuatan penting dalam setiap upacara keagamaan. Dalam berbagai perkembangannya,seni tari tradisional akhirnya alam mewariskan seni pertunjukan yang baru dan inovatif melalui berbagai dramatari prembun, sampai sendratari jenis kesenian yang muncul pada zaman modern.
Pada masyarakat sekarang yang hidup serba modern dan dinamis ini, kehadiran seni tari memerlukan hadirnya penari yang baik, elegan dan guru-guru tari yang profesional, dan pemikir-pemikir yang mampu merumuskan masa depan tari sesuai dengan perkembangan zaman secara proporsional. Oleh karena itu, beberapa hal yang harus diperhatikan menyangkut penguasaan teknik tari yang dapat memenuhi syarat sebagai penari yang profesional.

5. Kerajinan Tangan

via: unsplash.com

Kerajinan tangan adalah seni yang berbentuk benda hasil kerajinan. Kerajinan tangan memiliki unsur-unsur bordir, renda, seni lipat,seni dekoratif, serta kegiatan seni yang menekankan pada keterampilan tangan. Seni dan pengetahuan yang lain dapat dipahami dan diketahui oleh pembaca dalam usaha pengembangan kepribadian dan keanekaragaman. Dalam suatu bentuk kehidupan akan terasa datar dan gersang apabila tidak memiliki unsur seni. Kesenian dapat menyempitkan aspek budaya dan memperluas cakrawala hidup serta keanekaragaman ilmu pengetahuan seseorang. Secara aktual kesenian yang ada dalam berwujud seni musik, rupa, teater, dan tari secara multilingual, multikultural, dan multidimensional.
Pada akhir ulasan ini dapat diakumulasi, mana cabang seni yang paling kalian senangi. Coba berilah contoh salah satu cabang seni yang paling kamu senangi dalam bentuk karya seni yang pernah kalian buat atau kalian kenali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar